Jumat, 19 Agustus 2011

Celestron AstroMaster 76EQ

long time no see :)

SNMPTN sudah berlalu, daftar ulang beres, mulai menata kehidupan baru #halaaah, dan saatnya menagih janji.
janji apa?
TELESKOP!

dan akhirnya, tanggal 17 Juli 2011, aku bisa megang teleskopku sendiri. bahaaagiaaa :)
hari itu hari Minggu, jadi ceritanya aku pas pulang latihan Taekwondo eh diajakin beli. sempet bingung mau nyari di mana, tapi akhirnya nemu di ACE Hardware Royal. Nyampe sana aku udah main nylonong masuk bagian rak teleskop. pas liat, udah langsung jatuh cinta sama model yang tak beli. setelah menimbang dan memilih akhirnya nyobain dulu deh salah satu teleskop yang kata masnya ini yang paling bagus di antara semua display yang ada.

sebelumnya aku emang udah nyari info tentang merek dan model teleskop. dan menurutku yang bagus dan gak seberapa mahal ya merek Celestron. lamaaa deh nyobanya. maklum kan baru bongkar dari kardus, dan ngerangkainya susah men. trus nemuin gambar yang mau diliat juga susah haduuuh. tapi akhirnya ketemu. karena dari awal emang udah kesengsem sama model ini, yaudah akhirnya ambil yang ini aja deh :)

ini nih tampangnya..



sempet ada kejadian lucu pas masnya mau packaging teleskopnya ke kardus lagi. entah kenapa tiba-tiba kardusnya gak muat sampe beberapa komponen harus di masukin kresek lain *parah*. trus tutup tabungnya juga sempet hilang entah kemana sampe mbak sama masnya eyel-eyelan.

dan, teman-teman, asal kalian tahu, kardusnya gede, isinya berat, dan bentuknya kayak kardus mie instan dijajar lima. daaan, aku sama abi bawanya pake motor.
terlepas dari itu semuaaa, aku senaaang!
beberapa hari setelahnya, pas bulan purnama, mulailah aku menjelajahi langit. dimulai dari ngeliat bulan dulu yang nyarinya gampang hehehee
dan fyi, sampe sekarang aku belum pernah liat bintang pake teleskop. ibaratnya kayak nyari paramecium di mikroskop pas ruangan lagi mati lampu.

ohyaaa, ada 3 jenis teleskop sebenernya.
REFRAKTOR
ini teleskop yang pake lensa objektif okuler gitu. bentuknya yang panjang kayak teleskop rumahan pada umumnya.
REFLEKTOR
naah punyaku yang ini nih. jadi teleskop ini pake cermin dan biasanya tabungnya gede-gede kayak kebanyakan teleskop di observatorium.
CATADIOPTRIC
nah kalo teleskop ini perpaduan antara keduanya
setelah baca-baca, menurutku lebih baik pake reflektor.

ini foto-fotonyaa...


















akuuuuu :)


















ini adek cuma sok-sokan pengen foto.















yay bisa moto bulan pake kamera digital lhoo. cantik yaa.

cuman masalahnya teleskop ini susah mau dibawa-bawa. jadinya pengen nabung lagi buat beli binokuler heheee. tapi tetep lah, aku masih mimpi pengen mencicipi rasanya make teleskop hubble. mesti nerobos NASA atau Atacama dulu ya kayaknya. tapi minimal ke Bosscha dulu deh gakpapa aamiin.

2 komentar:

ilham mengatakan...

Itu teleskopnya bisa langsung ambil gambar ya? Thanks.

Azmil Muftaqor Imami mengatakan...

teleskop ini sayangnya belum dilengkapi adaptor ke kamera. jadi aku motretnya manual hehe