Minggu, 25 Desember 2011

Solar Eclipse December 10th 2011

oke. mungkinposting ini sudah telat banget ya. tapi rasanya gak lengkap kalo belum posting ini.
jadi ceritanya begini. 10 Desember yang lalu sebenarnya adalah hari yang bener-bener aku tunggu. udah 6 bulan nih nunggunya. kenapa? karena tanggal 10 Desember ada gerhana bulan!! iyaa gerhana bulan totaaaal!!! seneng kan yaa. sekadar info, tahun 2011 ini, ada dua gerhana bulan total. yang satu pas bulan juni. sayang pas itu aku belum punya teleskop. tapi udah bahagia banget bisa liat walaupun harus gak tidur sampe pagi. baru pas udah dapet kuliah, dibeliin teleskop deh. jadi, gerhana bulan terakhir yang jatuh pada tanggal 10  Desember ini pastinya sangaaaat aku tunggu. rasanya penasaran banget gimana sih bentuk bulan kalo pas gerhana. dan gerhana bulan kali ini terjadinya mulai jam 8-11 pm. lumayan sore dan pas malem minggu pula (trus apa hubungannya juga?) segala persiapan sudah dilakukan. mulai dari bersihin teleskop dan serangkaian lensanya. benerin tripod nya juga. ngatur sudut-sudut lintang dan bujurnya, nyiapin kamera, laptop buat streaming, dan tak lupa cemilan.
tapiii aku lupa satu faktor penentu yang paling penting. CUACA. aku lupa kalo sekarang bulan Desember. bulannya musim hujan. dan benar saja. pas sore harinya, ujan dereeeees banget. oke, aku masih dalam tahap 90% berharap. pas maghrib, masih ujan tapi udah agak reda jadi masih 75% berharap. jam 8 malem, ujan reda tapi langit gelap gulita. oke harapanku langsung terjun ke 0%. sediiiiiih :( iri banget sama yang livetweet di rumahnya bisa liat bulan. dan akhirnya pas jam 9, langitnya mulai baik nih. alhamdulillah bisa liat fase akhir gerhana bulan. yaa gapapa lah sudah subhanallah buanget bisa liat. dan di bawah ini adalah beberapa foto dari fase akhir gerhana bulan total 10 Desember 2011.

ini bulannya udah separuh balik mau terang lagi

yang ini udah hampir full bulan purnama lagi


nah kalo ini gambar planet venus yang diambil sekitar sebulan yang lalu. buat bonus ajaa hahaaa


Tidak ada komentar: