Sabtu, 31 Maret 2012

Happy Hunger Games!

Josh Hutcherson
Remember him? Yap dia adalah Josh Hutcherson. Aktor cilik unyu yang dulu main di Zathura dan Bridge To Terabithia. Dan di film ini dia udah keliatan dewasa banget *ya iyalah dia hidup*. Karena Josh yang main nih jadinya aku tertarik sama film ini. Lagi jadi Box Office juga kan.

Jadi, ini film ceritanya ada sebuah negara yang aneh. Benar-benar aneh berasa lagi nonton Alice in Wonderland *harus nonton sendiri film ini biar tahu dimana keanehannya*. Di negara ini ada 12 distrik yang dalam bertahan hidup, mereka menukar nama mereka dengan bahan makanan. Nama-nama yang terkumpul nantinya akan diundi tiap tahun, diambil 1 cowok 1 cewek per distrik untuk bertarung melawan perwakilan dari 11 distrik lainnya dalam Hunger Games. Jadi semakin sering mereka minta makanan, semakin besar peluang nama mereka muncul. Dan dalam game ini, hanya akan ada satu pemenang yaitu dengan cara membunuh semua peserta lainnya.

Prim Everdeen adalah orang yang terpilih untuk mewakili distrik 12. Dia punya kakak yang bernama Katniss Everdeen, cewek yang jago panah dan berburu yang dekat *atau bisa dibilang pacaran* dengan Gale (Liam Hemsworth). Tapi karena Prim masih kecil, Katniss Everdeen gak rela adiknya yang dipilih dan akhirnya menawarkan diri menjadi volunteer menggantikan adiknya. Dari yang cowok, Peeta Mellark (Josh Hutcherson) yang terpilih. Mereka akhirnya dibawa di pusat negara (Capitol), berkumpul dengan 22 peserta lainnya dan dalam beberapa hari diberi pelatihan, diwawancarai, dirias, dan lain-lain. Enak banget keliatannya..tapi inget.. mereka di sini untuk mati.

Spoiler alert.. yang belum nonton mending jangan baca.
Sampai akhirnya Hunger Games dimulai dan seperti bisa ditebak, pemain utama yang bertahan sampai akhir lah. Petinggi-petinggi dalam negara ini bener-bener bertindak seperti Tuhan. Karena dalam game ini mereka bebas memberi pertolongan sekaligus rintangan bagi para peserta. Dan orang-orang dari setiap distrik pun bisa melihat apapun yang peserta lakukan. Ternyata, Peeta udah suka sama Katniss dari dulu *unyuuuu* dan peraturan game secara sepihak diubah menjadi, pemenang boleh 2 tapi harus dari distrik yang sama. Jadinya mereka berdua terus nih kemana-mana *Peeta keenakan tuh*. Oya, semua yang terjadi dalam game, entah siapa yang meninggal atau siapa yang lagi bertarung bisa dilihat oleh semua orang di seluruh distrik. Gale yang melihat kemesraan Katniss dan Peeta cemburu deh ngeliat apa yang mereka lakukan. Kalo jadi Katniss ya bingung lah pilih Peeta apa Gale. Mereka sama-sama gantengnya *tetep*.

Full Cast
Can't wait for the sequel, Catching Fire!!! Menabung buat beli novelnya juga yuk ~

Best scene and best quote from this movie :
Peeta Mellark: I remember the first time I saw you. Your hair was in two braids instead of one. I remember when you sang in the music assembly and the teacher said "who knows the valley song" and your hand shot straight up. After that, I watched you going home everyday. Everyday. Well... say something. 
Katniss Everdeen: I'm not good at saying something. 
Peeta Mellark: Then come here. Please? 
dan mereka berpelukan dan.... *kasihan Gale*

Happy Hunger Games! May the odds be ever in your favor!

Bedah Buku NASIONAL.IS.ME

24 Maret 2012
mini holiday! Jumat-Sabtu-Minggu libuuur

Dan Sabtu ini, aku ikut bedah buku NASIONAL.IS.ME dari penulisnya langsung yaitu Pandji Pragiwaksono yang diadakan jurusan Statistika ITS.

Kenal orang ini kan guys?
Orang ini multiprofesi. Nulis buku iya. Penyiar radio iya. Kerja kantoran iya juga kayaknya *sotoy*

Dia yang memopulerkan StandUp Comedy di Indonesia bersama Raditya Dika dan lain-lain. Dia juga yang ngisi acara Provocative Proactive di Metro TV. Sering banget lewat di timeline twitter dengan pemikiran-pemikirannya. Dia suka basket dan fans Manchester United banget. Pokoknya dia orang yang sangat kreatif menurutku. Bisa dibilang, dia figur anak muda yang masih mau berjuang dan optimis untuk Indonesia lewat kreatifitasnya. Baik dalam buku, program TV, dll. Dengan sosoknya yang sebagai figur itu, secara tidak langsung, dia meng-influence anak-anak muda Indonesia untuk optimis pula.

Inilah yang bikin aku jadi pengen ikut bedah bukunya. Awalnya yang ikut aku, Mufi, Maya, sama Azwar. Tapi karena Mufi pulkam, akhirnya digantiin sama Ayak. Dan Azwar lupa jadwal, akhirnya kami hanya bertiga. Bertempat di Lantai 3 Gedung Pasca Sarjana ITS, kita ketemu mbak-mbak E48 di sana hehe. Aku sama Maya akhirnya beli NASIONAL.IS.ME. Lumayan kan bisa dapet tanda tangan langsung dari Pandji terus bisa foto juga.

Pandji baru keluar sekitar jam 10. Selain ngobrolin tentang bukunya, kita juga tanya-tanya tentang kesehariannya. Dari acara ini, ada beberapa omongan Pandji yang nyantol banget di otak.
Kan ada yang tanya, gimana kalau ada mahasiswa yang sebenernya gak sreg sama jurusan yang diambil padahal udah kuliah lama?
Jawabnya : Jalanin aja kuliah kalian. Tapi kalian tetep harus main. Temukan dimana minat kalian sebenarnya. Cari apa passion kalian *super sekali.. inilah yang selama ini aku lakukan haha*
Ada yang tanya lagi, gimana sih caranya menumbuhkan minat baca pada generasi muda?
Jawabnya : Yang bener bukan menumbuhkan, tetapi menemukan minat kalian. Kalau kalian nemu apa minat kalian, sesusah apapun masalah yang kalian hadapin pasti nyelesaiinnya gampang

sempet foto bareng heheh
Pertanyaan terakhir, kan bentar lagi pemilu. menurut Bang Pandji, gimana kinerja pemerintahan saat ini dan siapa calon presiden idaman abang?
Jawabnya : Menurut saya, pemerintahan SBY itu gak buruk. Malah paling baik di antara presiden yang lain karena dia dua kali terpilih dan sampai saat ini tidak ada yang menjatuhkannya. Kalau saya boleh milih, tapi gak tau orang ini nyaloni apa nggak, saya milih Anis Baswedan.

Ada kata-kata yang aku paling suka. Kira-kira begini..
"Kita itu gak seharusnya bersembunyi dan berlindung dalam keseragaman. Perbedaan itu bukan dibuat untuk menjadi satu, tetapi untuk bersatu. Bhinneka Tunggal Ika. Berbeda-beda tetapi tetap bersatu, bukan tetap satu."

Selamat Datang E51

*uhuk*
Yang di kanan bisa dengar suara saya? Yang di  kiri bisa mendengar suara saya?
Sounds so familiar, right?

16 Maret 2012
Hari Jumat. Seperti biasa, kami menjalani ritual maba, yaitu konsolidasi. Tapi kali ini agak beda. Tempatnya di Teater B, dan kami diberi waktu untuk mengumpulkan 100% angkatan. Dan besoknya itu kuis Rangkaian Listrik loh sodara-sodara. Tapi, kami tetap tidak bisa mengumpulkan 198 orang. Ya sudahlah. Akhirnya konsol dimulai. Berapa kehadirannya, progress Baksos, target Baksos, jaminan, bla bla bla sampe selesai jam 5 sore. Kami tidak pernah menyangka kalau sore itu adalah konsolidasi terakhir kami sebagai maba...

17 Maret 2012
KUIS RANGKAIAN LISTRIK *die*
Setelahnya kita terpencar-pencar. Ada yang pelatihan nugget, nyiapin venue, nyiapin konsumsi, atau mungkin ada yang tidur juga di rumah #ups. Kalau aku sih sorenya ada KPP LKMM Pra-TD yaitu Baksos juga di panti asuhan BJ.Habibi daerah Keputih *aku adel septy dan novi sempet kejebak badai nih*. Malemnya kami mampir beli doorprize buat Baksos esok hari.

18 Maret 2012
Hari H tiba.
Kumpul di Elbud pake kaos gerigi yang ijo unyu-unyu bala-bala itu sambil bawa perlengkapan.
Satu per satu acara yang sudah dijadwalkan pun dilaksanakan.
Sampai akhirnya kami selesai istirahat sholat, makan siang, dan balik ke jurusan.
Hahahaha sebenernya udah pada deg-degan kan teman-teman semuanya.
Dan memang itulah hari kami.
Kumpul di lapangan futsal depan gedung baru, ada yang beda nih. Pagernya ditutupin kain hitam dan suasananya hening. Setelah sekitar 15 menit evaluasi Baksos dari Himpunan (pas evaluasi suasana masih aman terkendali), tiba-tibaaaa...
MABA 2011! *serentak jawab SIAAAAP!
Dan tiba-tiba saja banyak warga. Banyaaak sekali. Hari Minggu gituloh guys, mereka semua kumpul dari lintas angkatan, pakai jaket Hima pula. Yasudah berarti jelas ini nih hari eksekusi kami.
Kami dipisah, yang cewek ikut warga cewek, yang cowok dibagi jadi beberapa kelompok kalo gak salah. Dan aku inget banget itu sesinya dari jam 13.30-15.30. Bayangkan guys, dua jam! Dan intinya. kita disuruh menyatukan suara milih antara jadi warga apa jumper? Dan sebenernya gak jelas juga suara kami pada akhirnya banyakan pilih yang mana. Mungkin karena kami yang keras kepala dan bingung harus bersikap gimana, pada akhirnya sesi itu gak ada penyelesaiannya. Sampe akhirnya keluar kalimat, "Pokoknya hari ini adalah keputusan final!" jeng jeng... agak agak lebay gimana gitu...
Akhirnya warga pergi dan menggantungkan kami, kemudian  situasi dikendalikan Himpunan.
Kami disuruh pulang saja... tapi... lewat kantin *bener-bener mencurigakan* *ini anak-anak udah mulai grusak grusuk gak jelas*. Tiba-tiba.. Haekal angkat tangan dan tanya, "maaf mas, trus tas kami gimana?". Buahahaa itu aku pengen ngakak di tempat rasanya. Trus Mas nya kalo gak salah bilang "iya itu nanti kami yang mengurus" CMIIW. Paling itu Mas nya pengen ketawa ya kan ya kan ngaku aja Mas.

Akhirnya kita jalan beriringan lewat kantin. Dan sebuah kesalahan karena depanku Nungki. Belum apa-apa dia udah ketawa-ketiwi aja haha. Sampai di antara gedung AJ dan Gedung B, Mas Yoga sebagai Kahima ngasih pesan-pesan buat kita. Kita disuruh bikin formasi dalam bentuk huruf "e" dan kalimat terakhirnya, SELAMAT TINGGAL ANGKATAN 2011, SELAMAT DATANG E51!
*sambil ada poster selamat datang turun dari jembatan penghubung gedung A dan B*
*sambil kami berpelukan terharu*
*sambil disiram pake berbagai macam air dari atas gedung*
Pas aku ngeliat sekeliling, ternyata di atas udah banyak banget warga kumpul lagi *ada yang masih sambil nyiram kami*. Setelah sambutan dari komting-komting angkatan atas, kami lari-larian ngejar mas dan mbak yang selama ini selalu berurusan dengan kami, bilang makasih sambil bikin mereka basah.
Sempet panik juga karena Maya sama Ayla drop, tapi alhamdulillah mereka nggak kenapa-kenapa.

Kami pulang dengan senyum *dan basah dan bau tentunya*.Tujuh bulan itu bukan waktu yang sebentar, bener kan teman-teman?
Dari pas awal masuk gondrong, trus gundul, dan sampe gondrong lagi sekarang.
Dari yang masih malu-malu sampe ada cinlok cinlok halah haha.
Dari IPITS sampai Baksos dengan 16 kegiatan di antara keduanya.
Dan dari Angkatan 2011 hingga ke E51.

Walaupun pas dibaiat kehadiran gak 100%, tapi kalian selalu 100% di hatiku kok #eaaaa
Tunggu sampai kita kangen dengan serangkaian kegiatan yang sudah kita lalui.
Semoga kedepannya kita bisa tetep bersatu ya teman-teman, tetep langgeng, tetep jadi satu keluarga dan selalu belajar untuk lebih baik lagi *duh bahasaku*

Basah dan bau :(