Kamis, 19 Juli 2012

Bye 2nd Semester :)

Tepat tanggal 11 Juli 2012, nilai terakhirku semester ini akhirnya keluar. 
Karena udah lengkap, bisa dihitung berapa IP semester ini. Dan alhamdulillah, semester ini naik walaupun cuma 0.08 hahaha. Semester dua ini memang aku dapet dosen-dosen  yang istilahnya lebih manusiawi  kalau ngasih nilai, dan udah mulai beradaptasi sama lingkungan kuliah. Jadi menurutku semester ini aku lebih beruntung dan semoga semester kedepan nantinya juga.
Dari sini, dapet banyak pelajaran dan pengalaman berharga, yaitu:
  • Jangan terlalu serius ngerjain final project praktikum dan jangan melalaikan mata kuliah lain demi laporan. Karena dari yang aku lihat, nilai praktikum 80 lebih itu udah aman banget kok. Buktinya, dua final project ku gagal semua tapi tetep dapat bagus. Padahal dulu dibilang, nilai final project bobotnya mendominasi.
  • Paham suatu mata kuliah belum tentu dapat nilai bagus. Begitu juga sebaliknya. Ini terjadi pada nilai Rangkaian Listrik yang sebenarnya aku mudeng tapi dapet jelek, sedangkan Matematika Teknik II yang aku nggak paham sama sekali tapi dapet bagus.
  • Dosen sedikit banyak adalah penentu nilai kita. Kalau dosen yang nggenah, bolehlah kita prediksi nilai kita. Tapi kalau dosennya ajaib, pasrah aja. Bagi beberapa mahasiswa yang memang ajaib, dosen ajaib bukan suatu masalah. Mereka tetep dapet bagus juga pada akhirnya karena memang mereka ngerti dan nyambung siapapun dosennya.
  • Jangan terlalu banyak ambil sks. Semester ini karena ambil 22sks, rasanya ngoyo banget.
  • Kemampuan seseorang tidak tercermin begitu saja dari IP nya. Kelas yang beda dengan dosen yang  standar penilaiannya beda pula hasilnya akan beda juga antara mahasiswa yang satu dengan yang lain. Kalau mau patokan yang jelas, lebur semua jadi satu kelas, adakan ujian, dan bisa dilihat hasilnya.
  • Yang paling penting, jangan membandingkan nilai jurusan yang satu dengan jurusan lainnya. Seperti di Elektro, nilai lama bangeeet keluar bahkan ada yang semester depan baru keluar dan nilai E bertebaran dimana-mana itu sudah hal biasa. Selain itu, nggak ada kompensasi yang bisa membantu nilai kita, yang ada ulang semester depan. Untuk mata kuliah tertentu, selain nilai praktik, tetep nilai ujian tulis juga ada. Dari segi kesulitan pun tiap jurusan berbeda-beda. Jadi jangan pernah membandingkan nilai antar jurusan apalagi antar peguruan tinggi. Semua punya standar penilaian, ranah kerja, dan tingkat kesulitan masing-masing #nooffense
  •  Terakhir, inilah yang terpenting dari yang paling penting. Selalu memaksimalkan usaha dan belajar kita meskipun dapet dosen yang ajaib dan jangan lupa berdoa :))
Semangat buat semester tiga. Dari kurikulum sih serem-serem mata kuliahnya. Inget juga ada amanah di himpunan yang harus dijalankan. Jadi harus pinter bagi waktu.

Yang jelas, sekarang saatnya liburaaan dulu..

Bye semester duaaa...

Tidak ada komentar: