Minggu, 05 Mei 2013

Electrical Student Workshop

Yeah, akhirnya mendapat kesempatan untuk terjun langsung ke medan peperangan eh lapangan. Tanggal 27 April lalu, melalui Departemen Prokesma, sebanyak 60 mahasiswa dari tiga angkatan di jurusan workshop ke Pusdiklat PLN Pandaan. Sayangnya jatah untuk angkatan 2011 cuma 10. Jadi semacam rebutan gitu pas mau daftar. Akhirnya dari 2011 yang berangkat aku, Maya, Wiwis, Rani, Adel, Toha, Albert, Surip, Mas Bagar (anggap mas Bagar angkatan 2011 ya hihi), Burhan dan Ruli sebagai wakil dari Departemen Prokesma.

Kamis, 25 April 2013
Technical Meeting. Sempet histeris karena ternyata harus pakai standar pelatihan. Memang dasar kami perempuan yang... bukan jadi-jadian sih, hanya saja koleksi rok dan sepatu kami tidak selengkap perempuan pada umumnya. Alhasil, kami ribut sendiri dengan pantofel. Dan pada akhirnya, aku sama Maya pakai celana bahan. Yeah yang jelas kami semua tetap kece 8)

Sabtu, 27 April 2013
07.00 WIB
Gawat, masih di tengah perjalanan, dan nampaknya bus sudah siap berangkat. Maafkan daku yang lelet ya teman-teman.

07.45 WIB
Beraaaaangkaaats. Rani Adel Wiwis. Di depannya Aku Maya dan satu mas-mas 2010. FYI, di sepanjang jalan anak belakang rame sekali. Ngomongin mas-mas asisten KTL yang padahal sedang ada di dalem bus juga. Semoga mereka nggak denger obrolan kita hahaha. Di tengah jalan, kita dapet snack dari Prokesma. Tak lama kemudian dapet nasi. Padahal kondisi dari rumah sudah kenyang. Yup, inilah tahap pertama kemakmuran di hari itu.

09.45 WIB
Akhirnya sampai di tujuan. Serombongan langsung digiring ke aula utama untuk pembukaan. Disana kita dijelaskan tentang sejarah, organigram, dan semua fasilitas di sana. Setelah pembukaan sekitar satu jam, saatnya coffee break. Tahap kedua kemakmuran.

Baru sampaaaaaiii
Pembukaan
Coffee Break
11.00 WIB
Setelah dibagi dalam kelompok-kelompok, kami mulai berkeliling sambil tanya jawab untuk selanjutnya menuju laboratorium-laboratorium yang sudah dibagi sebelumnya. Untuk 2011, yang masih pemula masuknya ke laboratorium metering. Intinya di sana diajarkan tentang pengukuran listrik dan materi-materi dasar sistem tenaga. Untuk yang senior, ada laboratorium scada, proteksi, dan juga konstruksi. FYI, pemateri untuk laboratorium metering adalah alumni Elektro juga.

Wiwis ngapain sih X)))
Jalan-jalan~
Yes, cuma aku yang sadar kamera :))
Burhan ngajak berantem Pak Fadjar :))
Salah satu laboratorium. Lebih keren daripada yang di jurusan ya haha
12.00 WIB
Ishoma. Masih kenyang padahal, tapi sudah dapet makan lagi. Tahap ketiga kemakmuran. Selanjutnya foto-foto lagi sebelum masuk kelas untuk materi selanjutnya huehehe.

Power Puff Girls
Power Rangers
13.00 WIB
Masuk kelas lagi dan materi lagi. Agak ngantuk sih sebenernya karena materinya ya sama dengan yang diajarkan pas kuliah. Bedanya di sekeliling kelas ada peralatan yang langsung bisa kita lihat pegang dan peragakan. 

Di Laboratorium Metering
Aku ndak keliatan :(

14.00 WIB
Materi selesai dan kami kembali ke aula utama untuk penutupan. Sekitar pukul 15.00 WIB kami cus kembali ke Surabaya dan pukul 18.00 WIB tiba di Surabaya. Uyeah.

Kurang kece apa coba kami...
Taraaaa~
Satu pengalaman dan pembelajaran baru yang menyenangkan guys. Dari ceritanya Abi yang sempet training dan menjadi pemateri di situ dulu, akhirnya jadi pengen tahu isinya Udiklat Pandaan dan baru kesampean sekarang. Satu kesan yang sangat melekat adalah, kedatangan kami di sana sangat disambut. Bapak-bapak pemateri di sana welcoming dan ramah sekali padahal kami datang telat dari jadwal. Dan satu hal lagi, kami di sana sangat sangaaat makmur. Coffee break, dua kali snack, makan besar, dan tentunya ilmu serta pengalaman baru yang tak ternilai. Dari Prokesma sendiri kami juga dapet snack dan makan. Super duper makmur pokoknya. Cuman durasinya kurang lama. Rasanya pengen juga masuk di laboratorium lainnya. Semoga ada kesempatan seperti ini lainnya dan semoga teman-teman lain juga bisa ikut biar rame haha.

Next time ke Udiklat Semarang mungkin? :))

Tidak ada komentar: