Rabu, 24 Juli 2013

Selamat Tinggal Semester Empat

Selasa, 23 Juli 2013 pukul 01.45
Sedang pilek berat dan memutuskan untuk tidur saja. Tentu sebelumnya menyempatkan diri untuk ngecek grup facebook angkatan, line, whatsapp, dan social media lainnya. Pas di grup nih, ternyata ada yang posting bilang nilai Metode Numerik & Komputasi sudah keluar. Sedikit tenang sih karena dia bilang nilai-nilainya indah. Menuju integra, dan memang bapaknya baik pol. Oke, tinggal satu matakuliah yang belum. Tiba-tiba pengen ngecek rekap nilai sejurusan yang sudah keluar dan... ternyata nilai terakhir juga sudah keluar. Double kill dalam satu malam. Sambil ndredeg gak karuan akhirnya mbuka nilai terakhir ini. Wah rasanya terharu sekali. Salah satu momok paling mengerikan semester ini akhirnya bisa dilewati.

Nothing to say besides alhamdulillah...

Dan berakhirlah semester empat ini. Semester yang bisa dibilang paling berat dan paling tidak bisa diprediksi hasilnya dibanding tiga semester lalu. Semester terakhir dengan mata kuliah common. Semester yang benar-benar menguras otak, tenaga, dan emosi. Alhamdulillah, IPS terbaik selama kuliah. Memang masih saja menjadi pihak medioker, tetapi sangat bersyukur kok dengan hasil ini. Semester depan, akan mulai kuliah dengan mata kuliah yang sesuai bidang studi masing-masing, yang tentunya akan jauh lebih membutuhkan perjuangan berat. Tapi setidaknya, dari nilai bidang studi sistem tenaga yang kuambil di semester empat ini menimbulkan sisi optimisme untuk semester selanjutnya. Yah setidaknya memantapkan pilihanku, bahwa di bidang studi inilah aku merasa paling bisa bertahan.

Well, pada akhirnya seperti kata JKT48, usaha keras itu tak akan mengkhianati. Usaha keras kita akan ekuivalen dengan hasilnya. Memang ada kalanya tidak sesuai, dan kita akan marah atau bertanya-tanya mengapa. Aku juga seringkali mengalaminya. Tetapi, kalau kita hanya mencari-cari sebab dari sesuatu yang sudah terjadi nggak akan pernah ada habisnya. Kalau aku sih, memang menyadari nilai khususnya di jurusanku itu tidak jarang ajaib. Ada faktor kemampuan, keberuntungan, dosen, dan lain-lain. Ya memang seperti itu adanya. Sekali lagi, kita cuma bisa mengusahakan yang terbaik bukan?

Okelah, terlepas dari itu semua, mari kita nikmati sisa-sisa liburan ini dengan tenang tanpa digantungin integra lagi. Main sebanyak yang kita bisa, nonton film dan serial semau kita, baca buku sampai mata lelah, kumpul keluarga selagi bisa, dan bertemu teman-teman lama selagi ada kesempatan.
Selamat tinggal semester empat. Sampai ketemu satu setengah bulan lagi, semester lima!

Tidak ada komentar: