Rabu, 14 Agustus 2013

Review : Reply 1997

Pertama-tama makasih dulu buat Aga yang sudah merekomendasikan drama ini. Aga memang andalan deh hihihi.

Official Poster
Cerita berawal dengan suatu reuni SMA (menggunakan setting tahun 2012) dimana saat itu mereka sudah berumur di atas 30-an. Shi Won (Jung Eun Ji) cewek keras kepala dan cablak yang tergila-gila dengan boyband H.O.T, bertemu kembali dengan kelima sahabatnya yaitu Yoon Jae (Seo In Guk) teman cowok yang sudah dikenalnya sejak kecil dan kedua orang tua mereka pun dekat, Yoo Jung teman cewek seperjuangan ketika fangirling, Joon Hee teman cowok yang sangat baik dan perhatian tetapi menyimpan rahasia besar, Hak Chan siswa pindahan dari Seoul yang sukanya nonton video porno tapi kikuk kalo ketemu cewek, dan Sung Jae teman yang banyak omong dan selalu berkomentar tentang hal-hal nggak penting. Well, mereka berenam punya karakter yang berbeda-beda, tetapi di sinilah letak persahabatan mereka yang saling melengkapi.

Kelakuan kalo di sekolah XD
Sini mas keringetnya dilap dulu :3
Rambut Shi Won sempet digunting paksa sama bapaknya hahaha
Di acara reuni itulah, mereka akhirnya saling bercerita tentang masa-masa mereka SMA 15 tahun yang lalu. Dan drama inipun selanjutnya menggunakan alur maju-mundur dari tahun 1997-2012. Ditambah dengan cerita tentang keluarga Shi Won, kemunculan kakak Yoon Jae yaitu Tae Woong yang punya andil besar dalam cerita ini, tentang persaingan dua fanbase boyband yang terkenal di masa itu, kisah cinta dalam persahabatan tersebut, serta... ada boyslove juga :)))

Ini couple paling kocak XD
RAMBUTNYA BELAH TENGAH :)))
Drama ini seperti mencari jawaban dari masa lalu. Kita seakan diajak kembali ke tahun 1997 dan melihat peristiwa-peristiwa apa saja yang terjadi selama rentang waktu tersebut. Mengesankan, itulah kesan yang kudapatkan setelah menonton drama ini. Setiap episode punya tema yang berbeda, karena memang basicnya drama ini adalah sebuah sitkom dan durasi tiap episodenya hanya 30-60 menit. Jadi, jangan sampai kelewatan satupun episode karena di tiap episode kita akan dibuat penasaran dengan akhir cerita mereka, khususnya tentang siapakah yang menjadi suami Shi Won. Di sini tidak akan ada kisah romantis yang mendayu-dayu, tentang perebutan kekuasaan, perebutan tahta kerajaan, kisah fantasi, aktor utama yang sakit parah, dan bahkan nggak ada tokoh antagonis sama sekali. Menonton Reply 1997 seperti menonton rekaman hidup seseorang dari keluarga biasa di Korea yang menjalani hidup layaknya orang-orang pada umumnya. Ada kisah sedih dimana ada anggota keluarga yang sakit, ada cerita lucu ketika berkumpul menonton pertandingan bola, ada cerita konyol dalam sekolah khas anak SMA, ada kisah perjuangan dalam menentukan masa depan selepas sekolah, dan ada kisah cinta yang harus diperjuangkan atau justru dikorbankan. Semuanya adalah hal-hal yang biasa ditemui dalam kehidupan sehari-hari sehingga membuat drama ini menurutku lebih mudah diterima. 

Dan tentu saja tentang fangirling yang banyak menjadi concern di drama ini. Tahun 1997 adalah awal era boyband merajalela di Korea. Saat itu aku masih SD dan di Indonesia pun saat itu sudah dirajai oleh Westlife bahkan F4. Cerita Shi Won dan Yoo Jung seakan mengingatkanku kembali tentang kebiasaan fangirling ku dulu. Sering bertengkar dengan teman karena merasa idola masing-masing paling hebat, mengumpulkan sedikit demi sedikit uang untuk membeli majalah dengan cover idola, berburu poster untuk ditempel di dinding kamar, hingga merekam lagu favorit dari radio ke kaset kosong untuk kemudian didengarkan kembali di walkman.

Tidak hanya itu, cameo yang dimunculkan juga banyak sekali, bahkan anggota boyband H.O.T yang sudah tua juga haha. Selain itu, soundtracknya juga enak-enak dan diambil dari lagu-lagu popular sejak 1997 hingga sekarang. Propertinya? Mereka sangat total. Mulai dari tamagotchi, VCR, sampai pager pun ada. Mungkin karena totalitas ini dan chemistry para pemerannya inilah yang membuat drama ini mencapai rating tinggi meskipun hanya ditayangkan di TV kabel. 

Mereka kembali di 2012
Kesimpulannya, aku sangat sangat merekomendasikan drama ini untuk ditonton. Bahkan untuk yang nggak suka drama korea, cobalah karena di drama ini kalian bisa benar-benar tertawa, terharu, atau kadang hanya akan senyum-senyum sendiri hehe.

Latest info : Kabarnya akan ada Reply 1994, yang saat itu di Korea sedang demam pemain bola basket. Can't wait!

Tidak ada komentar: