Minggu, 27 Oktober 2013

Top 10 Best Coldplay Songs

Sekarang siapa sih yang nggak tahu Coldplay? Atau seenggaknya siapa di dunia ini yang belum pernah mendengar lagu Clocks, Yellow, Paradise, Viva La Vida, atau bahkan Fix You?

Band asal Inggris yang beranggotakan Chris Martin (Vokalis), Guy Berryman (Bassist), Jonny Buckland (Gitaris) dan Will Champion (Drummer) ini beberapa hari yang lalu memperingati dua tahun sejak dirilisnya album Mylo Xyloto pada 24 Oktober 2013. Aku memang bukan pendengar Coldplay yang mengikuti mereka sejak awal karir. Baru pas SMP aku pertama kalinya dengar lagu Fix You dan sampai sekarang masih menjadi pendengar setia setiap lagu Coldplay. Jadi nih ya, kalau sedang belajar, main, atau melakukan hal-hal lain yang perlu laptop, langsung pasang headset dan mainin kalo nggak lagunya David Archuleta ya Coldplay hehe. Dari kelima albumnya, ada beberapa lagu yang istilahnya tak lekang oleh waktu. Jadi, inilah sepuluh lagu terbaik Coldplay menurutku...

10. Trouble (Parachutes - 2000)
Sesuai dengan judulnya, lagu ini cocok untuk yang sedang punya masalah atau membuat seseorang dalam masalah. Lagunya yang mellow dan iringan piano yang indah dari Chris Martin, membuat Trouble menempati nomor sepuluh.

9. Strawberry Swing (Viva la Vida or Death and All His Friends - 2008)
Diiringi dengan ketukan drum yang ringan, lagu Strawberry Swing ini liriknya kalau nggak salah tentang hidup yang melelahkan, tapi tidak terbuang sia-sia karena dia menjalaninya bersama orang yang dicintai. Sesuai liriknya "Now sky could be blue, I don't mind, without you it's a waste of time."

8. Clocks (A Rush of Blood to The Head - 2002)
Liriknya sih memang agak desperate, tapi dentingan piano Chris Martin lah daya tarik utama lagu ini. Yah, cocok lah kalau didengerin pas galau dan sedang dalam penyesalan.

7. The Scientist (A Rush of Blood to The Head - 2002)
Mungkin inilah lagu Coldplay yang paling menyedihkan. Chris Martin nyanyi dengan sangat indah diiringi pianonya. Liriknya lagi-lagi tentang penyesalan cinta, tetapi kali ini karena kematian. Dan untuk videoclipnya, siap-siap terharu ya!

6. Speed of Sound (X&Y - 2005)
Untuk lagu yang satu ini aku nggak seberapa paham maksudnya, tapi liriknya damai enak didengerin. Ah mana ada sih lagu Coldplay yang enggak enak hehe.

5. Every Teardrop is a Waterfall (Mylo Xyloto - 2011)
Setiap tetes air mata kita adalah sebuah air terjun. Setiap kesedihan menyimpan sesuatu yang indah. Mungkin itulah yang coba disampaikan Coldplay. Part lirik favorit : I'd rather be a comma, than a full stop. Kita pasti pernah berhenti karena ingin menyerah, dan itu adalah hal yang wajar. Asal kita tetap maju, bukan jadi "titik" dan berhenti total. Videoclipnya ceria. Pokoknya lagu ini bisa bikin kita jingkrak-jingkrak dan cocok didengarkan ketika kita mengawali hari.

4. Yellow (Parachutes - 2000)
Lagu paling manis dan romantis dari Coldplay. Menurut suatu info, lagu ini ditujukan untuk mamanya Chris Martin yang kena kanker kulit yang membuat kulitnya berubah jadi kuning. Nah, di sini Chris melihat sisi indah dari mamanya. Udah, pokoknya ini lagu yang indah banget.

3. Paradise (Mylo Xyloto - 2011)
Lagu lain dari Coldplay yang bisa bikin kita jingkrak-jingkrak dan sing along. Dan entah kenapa aku selalu merinding tiap denger lagu dan nonton videoclipnya. Lagunya damai, tentang sebuah kebebasan, tentang mimpi masa kecil, tentang kenyataan yang tak seindah harapan, namun akhirnya sadar bahwa masih banyak mimpi lain yang bisa diwujudkan. Pokoknya eargasm pol lah.

2. Fix You (X&Y - 2005)
Menurutku ini lagu Coldplay yang paling fenomenal. Lirik yang kuat dan disajikan bersama musik yang indah. Lagu yang cocok buat galau, tetapi sekaligus memberikan motivasi buat kita untuk bangkit. Selalu ingat bahwa lights will guide you home~

1. Viva la Vida (Viva la Vida or Death and All His Friends - 2008)
Nah kalau yang ini adalah lagu Coldplay yang paling nggak ngerti deh maksudnya apa, tetapi sekaligus yang paling enak didengar. Diiringi orchestra yang megah, lagu Viva la Vida ini menjadi lagu Coldplay favoritku terlepas dari interpretasi setiap orang dalam memaknai lagu ini. Kalau aku sih nganggepnya lagu ini tentang kepemimpinan, kekuasaan, dan kehidupan. Bagaimana bersikap ketika kita menjadi pemimpin dan bagaimana kita memaknai hidup kita dengan apa yang kita miliki sekarang dan bijak dalam menghadapi masa-masa yang akan datang.

Salah satu mimpiku adalah nonton live concert Coldplay, kalau bisa ya di Inggris, negara asal mereka huehehe. Siapa sih yang nggak pengen nonton konser sekeren foto-foto di bawah ini? Panggung megah penuh spotlight dengan gelang Xyloband yang dibuat dari LED yang dikendalikan oleh gelombang radio?






*Foto-foto dokumentasi tour Coldplay di tahun 2012

Tidak ada komentar: