Kamis, 31 Juli 2014

Internship Program in PT. Trafoindo Prima Perkasa

Hey there!
Been a month since my last blog post. Miss me? Haha

Tanggal 30 Juni hingga 24 Juli kemarin, aku dan kedua temanku, Maya dan cece Rani menjalankan kewajiban Kerja Praktik 2 SKS guna memenuhi sebagian persyaratan untuk memperoleh gelar sarjana teknik pada bidang studi teknik sistem tenaga Jurusan Teknik Elektro Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Panjang ya, tapi begitulah yang tertulis di lembar pengesahan. Setelah proses panjang yang melelahkan, akhirnya sampailah kami di PT. Trafoindo Prima Perkasa, Tangerang, sebuah perusahaan produsen transformator.
Jadi, apa yang kami lakukan di sana?
Kami datang tanggal 27 Juni, dan langsung menghadap langsung ke Direktur Teknik dan Produksi. Bahkan beliau sendiri yang membuatkan kami jadwal untuk sebulan. Setelahnya, kami diserahkan ke Pak Haenys selaku bagian personalia.
PT. Trafoindo Prima Perkasa atau kita sebut saja Trafindo (which is merek dagang mereka), memiliki tiga unit pabrik. Minggu pertama, kami di pabrik 1, unit transformator distribusi. Minggu kedua di pabrik 2, unit CT/VT. Dan minggu ketiga di pabrik 3, unit cast resin transformator. Di semua unit, kami belajar tentang perencanaan produksi, desain, engineering, produksi, hingga proses pengujian sebelum produk dikirim ke customer. Proses pengujian transformator inilah yang menjadi fokus laporan kami. Ah ya, kami juga belajar mengenai maintenance transformator.

Tapi, dari semua itu yang paling berharga adalah segala pengalaman yang kami dapatkan. Kami jadi tahu bagaimana sebenarnya isi trafo. Kami jadi tahu bagaimana kinerja sebuah perusahaan. Kami jadi kenal banyak orang-orang baru dengan berbagai karakter (ada yang baik tapi juga ada yang aneh haha).

Selayaknya belajar di bangku kuliah lah ya
Pas di unit CT/VT
Unit cast resin kalo dari luar gini nih
Mereka cuma sok serius kok, sodara-sodara
Habis dirampok rental print-print-an
Fifty shades of gray, not Grey
Sekalian kerja praktik, sekalian main. Setiap hari memang kami diantar jemput, tapi setiap weekend kami bebas. Kadang makan enak di Supermall Karawaci, nonton, atau main ke Jakarta. Makan makanan yang nggak ada di Surabaya, dan pergi ke toko buku yang nggak ada di Surabaya. 
Our messy room hihi
Luar apartemen, pagi selepas hujan
Pas main ke Jakarta
Terlalu malas untuk belajar, terlalu kenyang untuk tidur. Jadi ya beginilah.
Kenapa kami pilih kerja praktik di sana?
Aku rasa setiap mahasiswa punya mimpi untuk kerja praktik di perusahaan besar dan multinasional yang selaras dengan mimpi untuk bekerja di sana. Kami bertiga pun mencoba. Namun mungkin memang belum rezeki sih, ya. Awalnya memang sebal, tapi akhirnya aku sadar, kerja praktik di manapun sama aja. Di perusahaan besar belum tentu dapat ilmunya juga kok. Yang penting bagaimana kita mau belajar, mau bertanya, mau menggali pengetahuan di dunia kerja. Di Trafindo, alhamdulillah kami mendapatkan fasilittas yang tidak kami bayangkan sebelumnya.

Yang jelas, satu lagi pengalaman baru terlewati. Terima kasih untuk semua orang yang terlibat, yang mana nggak mungkin untuk disebutkan semua.
(Tapi tetap penasaran sama mas senyum menawan yang hingga sekarang kami belum tahu namanya)

Tidak ada komentar: