Selasa, 10 Maret 2015

Studi Ekskursi E-51

Studi ekskursi adalah kegiatan kunjungan satu angkatan ke perusahaan-perusahaan di Indonesia. Secara gampangnya nih, studi ekskursi dapat dianggap sebagai liburan angkatan yang dilegalkan kampus. Satu angkatan akan mengalaminya sekali dan dilaksanakan di tahun terakhir. Bali, Jakarta, Bandung adalah tujuan favorit. Untuk yang berbudget murah meriah seperti angkatanku, Jogja adalah destinasi yang pas. Meskipun badan masih remuk redam efek terbang selama lebih dari 24 jam, semangat tak kunjung padam.

Ciwi-ciwi sebelum berangkat

Hello again, Jogja!
Sudah setahun lebih dua bulan sejak kunjunganku yang terakhir.

Sesuai kesepakatan, rombongan studi ekskursi akan berangkat selepas dhuhur. Kami ber-165 dibagi dalam tiga bus, dan ciwi-ciwi berada dalam satu bus yang sama. Bayangkan hebohnya bagaimana. Ada tiga perusahaan yang kami datangi, PT. Campina Ice Cream, PT. Pelindo, dan Gameloft Yogyakarta (hari kedua).

Habis masuk cold storage Campina

Sekitar pukul 05.00 keesokan harinya, kami sampai di sekitar Prambanan dan menyempatkan diri ke salah satu masjid untuk sholat Subuh. Ada kejadian menyebalkan tapi lucu nih. Pas datang, kami langsung digiring menuju salah satu rumah warga. Kata bapak itu biar nggak antre wudhunya lah, apalah, pokoknya disuruh ke rumah itu dulu gitu. Sebel dong ya pagi-pagi udah diteriak-teriakin. Sampai yang punya rumah menawarkan tikar untuk sholat di situ. Dalam hati (dengan ngantuk) mikir, apa iya masjid segede ini sampai harus ngantre ke kamar mandinya. Setelah sang ibu empunya rumah "mangkal" di kursi depan rumah, barulah kami sadar bahwa semua ini masalah duit. Jadi kami digiring untuk menggunakan WC umum berbayar. Nggak habis pikir kan ya.

Lanjut deh.

Kami sampai di rumah makan Gabusan untuk mandi dan sarapan. Mandi di tempat umum begini? It's a big fat no. Prinsipku adalah mandi bersih yang memakan waktu lama, atau nggak mandi sama sekali. Di situ banyak yang ngantre, jadi daripada kena marah, maka kuputuskan (dengan sedikit rasa malas juga) untuk tidak mandi. (Tenang saja, aku tetap gosok gigi dan ganti baju, kok)

Oh ya, kami menginap di Hotel Sri Wedari, sebuah hotel yang mendapat review bagus di beberapa situs perjalanan. Beberapa teman sudah membaca cerita tentang hotel ini dan katanya seram. Aku sengaja tidak membaca sebelum pulang dan akhirnya bisa tidur dengan pulas. Sebenarnya fasilitas lengkap, namun bangunannya masih kejawen, tua, dan suasananya memang cukup seram.

Ini nih hotelnya
(Foto nyomot kamera Ruli)

Katanya sih serem, tapi foto tetap lanjut

Bahwasanya arogansi lab itu tetap ada...

Bukan ke Jogja namanya kalau belum mampir ke Malioboro

Sebuah jalan berisi pedagang yang menjual barang khas Jogja ini merupakan tujuan wajib setiap kali berkunjung ke Jogja. Kali ini kunjungan kami memiliki suatu misi, mencari kado berharga maksimal 10.000 rupiah, bungkus pakai kertas koran, nanti ditukar pas malam keakraban. Challenge accepted! Selain Malioboro, ngopi dan jajan dia angkringan adalah salah satu kewajiban juga.

Malam keakraban dilakukan di halaman rumah makan gabusan. Diawali dengan sambutan dari panitia, pergantian komting, sambutan dari calon wisudawan yang lulus 3,5 tahun, tukar kado, nonton foto-foto jaman baheula, dan yang terakhir, menerbangkan lampion, main kembang api, sambil sing along lagu-lagu baper. Jika malam itu aku terlihat galau dan sendu, itu bukannya tanpa alasan. Malam itu aku merenung telah sejauh apa waktu, pengalaman, dan pelajaran yang kita lalui. Maaf lagi baper.

Bus ciwi hore!
(Foto nyomot kamera Ruli)

Di hari ketiga, kami menuju wisata goa pindul untuk susur goa dan rafting. Yippie main air! Di sana kita hanya akan bermodalkan satu ban dan akan saling bergandengan satu sama lain melalui tali. Tulisan tentang goa Pindul akan diposting terpisah :p

menuju goa pindul ahsek

Meskipun kesan "Jogja-nya" kurang karena jadwal yang padat, kebersamaan kami sudah mengobatinya. Aku jadi bertemu kembali dengan beberapa anak yang sudah lama nggak kelihatan juga haha.

Ladies~
(Foto nyomot kamera Ruli)

Terima kasih panitia atas kerja keras kalian dalam merencanakan studi ekskursi ini.

Terima kasih E-51 atas kebersamaan kita selama ini. Semoga akan berlanjut hingga tua nanti, ya. Aku menyayangi kalian!

PS: Fotonya dikit ya? Atau bingung kaenapa isinya cewek semua? Karena aku bukan bagian dokumentasi dan nggak punya kamera, foto-foto di atas ala kadarnya dulu yah. Foto bagus akan menyusul!